Skip to main content

Kdrama Black episode terakhir






Perkiraan saya benar tentang 2 hal ini, pertama keterlibatan Ibu angkat Kim Joon yang seorang dokter dimana dia merupakan ibu kandung dari Han Moo Gang, kedua adalah identitas sebenarnya malaikat maut 444 yang ternyata adalah Kim Joon.

Episode 17 menayangkan secara penuh kilas balik 20 tahun lalu bagaimana Kim Joon terbunuh dalam upaya penyelamatan Kim Sun Young. Ada beberapa fakta yang terungkap:

- identitas ayah Kang Haram adalah seorang malaikat maut yang jatuh cinta pada ibu Haram dan menikahinya.
- malaikat maut 444 adalah Kim Joon, peraturannya ketika meninggalnya seseorang tapi jasadnya belum ditemukan malaikat itu tidak akan menyerupai wujud aslinya, itu mengapa sedari awal 444 diperankan oleh Kim Tae won beberapa
episode.
- Leo yang bernam asli Woo Sik adalah anak dari Kim Young Seok, identitas nya terungkap oleh tim detektif.
- Kim Joon yang sudah meninggal bisa memasuki tubuh Han Moo Gang yang sudah mati namun tidak bisa keluar dari tubuh tersebut karena Black menolak jasadnya untuk ditemukan oleh siapapun, maka Black tetap dengan wujud Han Moo Gang.
- fakta yang menjadi benang merah kedua dari kasus kematian Kim Joon adalah, karena Kim Joon yang sengaja dibunuh oleh ibu Han Moo Gang demi mendapatkan jantung untuk operasi Han Moo Gang.

Inti dari episode ini adalah terbongkarnya rahasia kematian Kim Joon oleh ibu kandung Han Moo Gang, Kim Joon yang sudah menjadi malaikat maut terguncang dengan kebenaran tersebut.












Pencarian Black terhadap malaikat maut yang melarikan diri tetap berlanjut, tanpa sengaja mereka bertemu namun tak disangka ada sosok malaikat buronan lain yang memasuki tubuh seorang dokter, berkat malaikat maut tersebut Black mendapat petunjuk kemana harus mencari malaikat yang kabur tersebut.

Hampir terlupakan bahwa ada unsur fantasi dalam drama ini, namun seiring berjalannya episode nuansa fantasi tersebut tertutupi oleh kisah kriminal misteri yang disuguhkan. Bahkan action yang memukau antara Black dan Chen sungguh sayang untuk dilewatkan.


Chen dan Black yang setiap bertemu selalu terlibat perkelahian,  bagian yang sangat sexy di drama ini
^^


Kepingan puzzle rupanya masih menyisakan misteri, Kim Young Seok bukan lah satu-satunya pelaku pembunuhan berantai, dalang  sesungguhnya adalah lawan kandidat calon presiden lainnya yang pernah terlibat dalam prostitusi remaja, yang juga mengincar video dirinya tidur dengan Kim Sun Young.
saya mengerti kenapa sebagian penonton Black ini merasa kebingungan bahkan tak sedikit yang gagal paham dengan 2 episode terakhir Black, sama seperti hal nya saya ada bagian tertentu yang terasa aneh dan janggal.

- kenapa Kang Haram tidak bisa melihat bayangan hitam ditubuh Leo? memang malaikat yang merasuki tubuh Leo adalah malaikat yang bertugas menjemput nyawa Kang Haram, dan dia pernah mengatakan tidak bisa melihat bayangan kematian nya, lantas kenapa Black harus berpakaian hitam? Black juga malaikat yang bertugas menjemput nyawa Haram selama ini Black menutup bola kristal miliknya untuk mencegah kematian Haram.

- saya ingat dan yakin pernah melihat foto Wang Young Choon si pembunuh bayaran bersama Kim Sun Young, pertanyaannya apa hubungan mereka? bahkan Haram nyaris mengenali Sun Young dewasa berfoto bersama Wang Young Choon tapi dalam kilas balik yang ditayangkan utuh tak ada hubungan apapun diantara kedua nya. Wang Young Choon muncul disaat Sun Young sudah menjadi dokter dan menerornya untuk dimintai uang.

-ingatan Black pulih sepenuhnya dan mengingat saat dia bersembunyi dari kejaran Wang Young Choon di sebuah pabrik tua, namun sialnya lagi Kim Joon tertembak oleh seseorang yang tak lain Kang Haram. Kang Haram kecil menikuti ayahnya ke pabrik tua tersebut dan mendapati ayahnya sedang berbiacara pada seseorang Kang Haram yang polos mengambil pistol ayahnya yang jatuh kemudian bermaksud menembak bayangan hitam ayahnya. namun yang tertembak adalah Kim Joon, Kang Haram pingsan? apa yang membuatnya pingsan? bahkan tak ada tanda terlihat kalau dia tertembak Kim Young Seok yang juga berada disana.




akhir dari kisah ini dimana Black menjalani sidang bahwa dia akan dihukum karena melanggar aturan malaikat maut, namun Black meminta diganti hukumna untuk dirinya berupa dihilangkan ingatan tentang dirinya oleh manusia yang sudah mengenalnya termasuk Kang Haram. kang Haram melihat video yang diberikan rekan detektif bahwa Black menjatuhkan diri ke tebing laut Kang Haram terlihat syok dan mengikuti jejak Black. disinilah bagian yang sangat rancu, saya lebih sreg mengatakan kalau Black mengalami time travel ketimbang reinkarnasi Kang Haram dimana Kang haram hidup normal setelah Black menghentikan kecelakaan pada kedua orang tua Kang Haram. mencegah kecelakaan pada orang tua Haram bukankah suatu pelanggaran juga??


Kang Haram hidup normal tanpa bisa melihat bayangan hitam dia tumbuh dewasa, bekerja seperti kebanyakan orang. apakah dia juga menikah? di bagian akhir Kang Haram yang sudah tua dan rambut yang memutih sedang duduk memandangi gelang pemberian temannya, hembusan nafas terakhir Haram menandakan dia sudah meninggal roh nya keluar dan disaat itu Black sudah ada didepannya  Haram meminta maaf kepada Black karena baru mengingatnya sekarang, mereka bergandengan jalan menuju akhirat bersama.





Image Source:
https://www.instagram.com/songseungheon1005/
https://www.instagram.com/song_seung_heon_black_2017/


Comments

  1. Agak membingungkan ketika diceritakan black mencegah terjadinya kecelakaan mobil ortu ha ram, padahal saat itu ada malaikat maut 444 generasi sebelumnya yang bertugas menjemput. Kalau black adl kim joon, bukankah saat itu kim joon belum lahir ? Kalau itu bisa terjadi karena time travel, kan si black sudah dijatuhi hukuman *dia tidak pernah ada*, kenapa bisa mencegah, dan kenapa bisa menjemput ha ram di akhir ? Berarti dia ditugaskan kembali menjadi malaikat maut lagi ? Hukumannya sudah selesai gitu ? Ada tenggang waktu nya kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai... Salam kenal, jelasnya begini
      - black itu sebenarnya adalah kim joon, ketika Kim joon mati dibunuh oleh ibunya Moo Gang mayat Kim Joon itu tidak ditemukan siapapun. Dalam peraturan malaikat maut kalau belum ditemukan jasad aslinya maka wujud malaikat maut itu bisa lain contohnya seperti teman black yang suka nge rap itu kan wujud aslinya bocah waktu mati di runtuhan Moojin time mart, sebelum mayatnya ditemukan dia berupa sosok cowok dewasa saat mayat nya sudah ditemukan dia kembali ke wujud asli yaitu anak sekita umur 13 tahun. Makanya dia tetap dijasad Moo gang karna ga mau mayat Kim Joon ditemukan oleh siapapun.
      - hukuman yang diterima black itu sebenarnya permintaan dia sendiri yang mau dihilangkan keberadaan nya oleh manusia, maksudnya manusia yang sudah pernah kenal dan tau dia ga ingat apapun tentang black termasuk Ha Ram.
      - disini agak rancu juga sih, setelah Ha Ram bunuh diri ada yang berpendapat dia reinkarnasi sehingga waktu dia awal ortunya mau kecelakaan dicegah oleh Black, tapi seperti time travel juga sebab Black tau ortu Ha Ram akan kecelakaan padahal tugas menjemput nyawa bukan oleh Black. 2 eps terakhir memang agak melenceng dan ga nyambung menurutku.

      Delete
  2. Mdh2an msh nyambung yah. Soalnya sy telat nonton. Yang hebat itu Kim Sun Young. Saksi utama sekaligus korban. Tapi ga dibunuh hehe

    ReplyDelete
  3. ya Allah aku baru selesai nonton black semalem..bagus banget bikin mikir n nangis di endingnya...udh lama liat black di viu tapi gak ku tonton2..iseng nonton malah ketagihan..tapi emg bener sih endingnya membingungkan..kim joon jadi gaada wujud aslinyaaaa

    ReplyDelete
  4. Ortu Haram yang masih agak bingung. Saya mengira Ibunya haram menikah dengan seseorang, kemudian kecelakaan dan malaikat maut yg saat itu bertugas (future daddy-nya Kang Ha Ram) jatuh cinta sama wanita yang baru menikah itu. Suaminya meninggal, tp dia yg selamat. Malaikat mau melihat wajahnya wanita itu kemudian dia jatuh cinta dgn wanita itu yg akhirnya jadi istrinya dan kemudian lahirlah Kang Ha Ram.

    Kayaknya sih begitu ya. Bukan kedua ortunya kan ha ram yg kecelakaan. Lgi juga kalo dicegah ga kecelakaan, toh Kang Ha Ram juga ga lahir, wong bapaknya sendiri malaikat maut. Kalo bapakanya bukan malaikat maut yah gak jadi Ha Ram.

    Atau....laki laki yang meninggal itu dimasukin malaikat maut??

    Black itu seru tiap eps, tapi yah gtu akhirnya jadi antiklimaks. Nyebelin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ortu nya ha ram kecelakaan trs suami nya di masukin malaikat maut itu jdi ga jdi meninggal, btw yaa ending nya ha ram nikah sma siapa masih penasaran 😭

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kdrama My Mister Finale Episode: semua akan indah pada waktunya

Sama seperti Lee Ji An saya juga begitu penasaran kenapa Yoon Hee bisa berselingkuh dengan Joon Young? Dan masalah terbesar diantara Park Dong Hoon dan Yoon Hee adalah kesalah pahaman dalam komunikasi rumah tangga mereka. Sungguh ironi disaat semua orang bisa melihat dengan jelas segala kesempurnaan seorang Park Dong Hoon termasuk Lee Ji An sedangkan istrinya sendiri Yoon Hee tidak mampu melihat semua itu. Park Dong Hoon adalah pria baik yang diidamkan oleh semua wanita, perlakuan Park Dong Hoon kepada semua orang setara yang menyebabkan Lee Ji An akhirnya luluh menyukai ahjussi   tersebut. Ego Yoon Hee semakin menjadi disaat merasa cemburu akan perhatian Park Dong Hoon yang lebih kepada keluarga, teman-teman dan karyawannya, padahal jika saja Yoon Hee mau bersabar maka dia sungguh beruntung mendapat keluarga yang hangat dan saling mendukung seperti keluarga suaminya, Park Dong Hoon. Lah kalau akhirnya dia ketahuan selingkuhan begini yang ada malah menyimpan kebencian diantara

Gonjang Ganjing Seputar Ending Kdrama Misty

Ternyata bukan cuma netizen Indonesia yang tidak terima akhir dari drama Misty. Begitu baca komentar netizen Korea mereka lebih tidak setuju lagi dengan apa yang dibuat oleh penulis kisah Go Hye Ran dan Kang Tae Wook ini. Terlebih karena dianggap ending yang tidak masuk akal, terlalu sadis dan kejam bagi pasutri Tae Wook dan Hye Ran. Seolah-olah penulis drama ingin benar-benar menjatuhkan mereka ke dalam jurang perpisahan. Wah, dibenci sudah dikau wahai writernim. Siapa suruh menjadikan suami idaman itu sebagai seorang pembunuh? ^^ Yang sudah menonton final episode pasti merasa tertipu dengan sosok Kang Tae Wook ini, penulis drama dengan lihai nya membuat penonton hanyut mengagumi Tae Wook lalu pada akhirnya kita disadarkan bahwa dialah pelaku sesungguhnya.  Sangat menyakitkan ya kenapa terpilihnya Kang Tae Wook sebagai pembunuh Kevin Lee apes nya lagi semua yang dilakukan Kang Tae Wook itu tidak sengaja, mau tidak mau dia harus berpura-pura tidak tahu apa-apa tentang

Secret Forest: Wasiat terakhir sang jaksa

Akhir cerita misteri Secret Forest itu seperti sebuah tamparan, suka atau tidak suka kita diperlihatkan akibat dari keburukan yang merugikan banyak pihak, yang tak lain bernama korupsi. Insting politik saya menguat ketika mengikuti alur demi alur drama ini, maksudnya saya lebih memahami bagaimana dunia politik yang dihiasi banyak penyuapan. Satu persatu orang yang terlibat tumbang akibat perbuatan mereka sendiri. Pesan moral yang sangat baik!!. https://www.instagram.com/_myship_/ Hwang Shi Mok menggugurkan Young Eun Soo, Seo Dong Jae dan beberapa pihak yang dicurigai sebagai tersangka pembunuhan Park Moo Sung serta penculikan dan penganiayaan terhadap saksi Kwon Min Ah. Setelah mengumpulkan bukti-bukti, Hwang Shi Mok akhirnya menyadari bahwa salah satu anggota tim investasi yang direkrut nya adalah pembunuh yang selama ini mereka cari, Yoo Se Won. Yoo Se Won ternyata pembunuh Park Moo Sung dan penculik Kwon Min Ah. Satu lagi Stranger yang dicari ternyata salah sa