Skip to main content

While you were sleeping vs Black

Kedua drama ini tengah tayang di Korea dan mendapat sambutan positif dari penikmat drama Korea disana, tapi hal menarik lainnya adalah kemiripan cerita kedua drama ini. Sama-sama mengusung tema fantasi berbaur misteri ternyata tokoh utama wanita atau lead famale nya juga mempunyai kemiripan karakter. Tak lain adalah kemampuan mereka bisa melihat kematian seseorang. 

While you were sleeping (WYWS) mengisahkan tentang seorang gadis bernama Nam Hong Jo (Suzy) yang mampu melihat kematian seseorang melalui mimpinya, berbagai peristiwa kematian yang disaksikan melalui mimpinya membuat hidupnya dipenuhi rasa keinginan menyelamatkan nyawa seseorang. Kemudian dia bertemu seorang jaksa bernama Jae Chan (Lee Jong Suk) yang juga bisa bermimpi. Jae Chan yang awalnya tidak percaya akan mimpinya berusaha menghindar dan tidak ingin ikut campur urusan kematian orang. Namun banyak kejadian yang melibatkan dirinya dengan Hong Jo mau tidak mau Jae Chan harus ikut menyelamatkan nyawa orang. 



Sedangkan Black seperti yang sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya, berkisah seorang gadis yang bisa melihat kematian seseorang melalui bayangan hitam yang menempel ditubuh seseorang. Kang Ha Ram (Go Ara) bertemu detektif dari unit kriminal Han Moo Gang (Song Seung Heun) satu-satunya orang yang mempercayai kemampuannya tersebut. Namun nasib malang menimpa detektif Han dalam sebuah misi dia tertembak dan meninggal, tapi tubuhnya dirasuki oleh malaikat maut yang mempunyai tujuan tertentu. 

Keduanya memiliki intrik cerita yang menarik. Persamaan antara Hong Jo dan Ha Ram adalah
– bisa melihat kematian seseorang 

– merasa terbebani dengan kemampuan yang dimiliki nya dikala tidak dapat melakukan apapun untuk menyelamatkan nyawa orang. 

– mempunyai masa lalu menyakitkan berhubungan dengan kematian orang yang disayanginya, ayah Hong Jo dan ayah Ha Ram meninggal didepan mata mereka dan sudah mengetahui hal tersebut akan terjadi. 

– sama-sama memiliki cinta dalam hidup ya ini bagian paling menarik kaum hawa untuk tetap ada alasan menonton drama ini.

Perbedaan nya adalah

– Hong Jo melihat kematian melalui mimpi dalam tidurnya, setiap terbangun dengan air mata yang membasahi wajahnya sudah dipastikan dia bermimpi buruk. 

– Ha Ram melihat kematian melalui bayangan hitam berupa kabut yang menempel ditubuh calon orang yang akan mati tersebut. Dengan menyentuh bayangan tersebut Ha Ram bisa melihat bagaimana orang tersebut akan menghadapi kematiannya. 

-Hong Jo memiliki keluarga yang sangat menyayangi nya, kelebihan nya tidak membuat nya dibenci atau dikucilkan keluarganya. Selepas ayahnya meninggal Hong Jo tinggal bersama Ibunya. 

– tidak demikian dengan Ha Ram, kemampuan yang dimiliki nya membuat Ha Ram dibenci oleh ibunya yang memutuskan menikah lagi dengan orang lain. Namun kehidupan Ha Ram tak kunjung baik keluarga barunya tak seharmonis yang dia bayangkan bahkan Ha Ram bekerja keras tinggal sendiri demi kehidupan nya. 

– Hong Jo hidup di dunia yang manis, ceria, hangat dan indah. Seberapa pahit mimpinya pada kenyataannya hal-hal yang indah selalu mengelilinya terlebih setelah bertemu jaksa Jae Chan. 

– dunia Ha Ram adalah black. Gelap dan penuh misteri setelah bertemu detektif Han yang dirasuki malaikat maut dunianya semakin menjadi rumit. 


Perbedaan tetap mencolok diantara kedua drama ini meski secara garis besar menerapkan genre yang sama. WYWS adalah drama yang cocok kita nikmati bagi yang menyukai lebih banyak romance mellow, faktor Lee Jong Suk dan Suzy adalah daya tarik utama. Sedangkan yang penyuka thriller misteri dibalut action memukau Black adalah pilihan tepat, Song Seung Heun sangat mempesona di drama ini. Aroma detektif serta teka-teki ada di kedua drama ini dimana kekuatan alur flashback adalah kunci dari pemecahan misteri di dua drama tersebut. Tinggal selera saja drama mana yang lebih masuk kriteria kita sebagai pecinta kdrama. 


Image Source:
Google search image
https://www.instagram.com/whileyouweresleeping.drama/
https://www.instagram.com/blackocndrama/


Comments

Popular posts from this blog

Kdrama My Mister Finale Episode: semua akan indah pada waktunya

Sama seperti Lee Ji An saya juga begitu penasaran kenapa Yoon Hee bisa berselingkuh dengan Joon Young? Dan masalah terbesar diantara Park Dong Hoon dan Yoon Hee adalah kesalah pahaman dalam komunikasi rumah tangga mereka. Sungguh ironi disaat semua orang bisa melihat dengan jelas segala kesempurnaan seorang Park Dong Hoon termasuk Lee Ji An sedangkan istrinya sendiri Yoon Hee tidak mampu melihat semua itu. Park Dong Hoon adalah pria baik yang diidamkan oleh semua wanita, perlakuan Park Dong Hoon kepada semua orang setara yang menyebabkan Lee Ji An akhirnya luluh menyukai ahjussi   tersebut. Ego Yoon Hee semakin menjadi disaat merasa cemburu akan perhatian Park Dong Hoon yang lebih kepada keluarga, teman-teman dan karyawannya, padahal jika saja Yoon Hee mau bersabar maka dia sungguh beruntung mendapat keluarga yang hangat dan saling mendukung seperti keluarga suaminya, Park Dong Hoon. Lah kalau akhirnya dia ketahuan selingkuhan begini yang ada malah menyimpan kebencian diantara

Gonjang Ganjing Seputar Ending Kdrama Misty

Ternyata bukan cuma netizen Indonesia yang tidak terima akhir dari drama Misty. Begitu baca komentar netizen Korea mereka lebih tidak setuju lagi dengan apa yang dibuat oleh penulis kisah Go Hye Ran dan Kang Tae Wook ini. Terlebih karena dianggap ending yang tidak masuk akal, terlalu sadis dan kejam bagi pasutri Tae Wook dan Hye Ran. Seolah-olah penulis drama ingin benar-benar menjatuhkan mereka ke dalam jurang perpisahan. Wah, dibenci sudah dikau wahai writernim. Siapa suruh menjadikan suami idaman itu sebagai seorang pembunuh? ^^ Yang sudah menonton final episode pasti merasa tertipu dengan sosok Kang Tae Wook ini, penulis drama dengan lihai nya membuat penonton hanyut mengagumi Tae Wook lalu pada akhirnya kita disadarkan bahwa dialah pelaku sesungguhnya.  Sangat menyakitkan ya kenapa terpilihnya Kang Tae Wook sebagai pembunuh Kevin Lee apes nya lagi semua yang dilakukan Kang Tae Wook itu tidak sengaja, mau tidak mau dia harus berpura-pura tidak tahu apa-apa tentang

Secret Forest: Wasiat terakhir sang jaksa

Akhir cerita misteri Secret Forest itu seperti sebuah tamparan, suka atau tidak suka kita diperlihatkan akibat dari keburukan yang merugikan banyak pihak, yang tak lain bernama korupsi. Insting politik saya menguat ketika mengikuti alur demi alur drama ini, maksudnya saya lebih memahami bagaimana dunia politik yang dihiasi banyak penyuapan. Satu persatu orang yang terlibat tumbang akibat perbuatan mereka sendiri. Pesan moral yang sangat baik!!. https://www.instagram.com/_myship_/ Hwang Shi Mok menggugurkan Young Eun Soo, Seo Dong Jae dan beberapa pihak yang dicurigai sebagai tersangka pembunuhan Park Moo Sung serta penculikan dan penganiayaan terhadap saksi Kwon Min Ah. Setelah mengumpulkan bukti-bukti, Hwang Shi Mok akhirnya menyadari bahwa salah satu anggota tim investasi yang direkrut nya adalah pembunuh yang selama ini mereka cari, Yoo Se Won. Yoo Se Won ternyata pembunuh Park Moo Sung dan penculik Kwon Min Ah. Satu lagi Stranger yang dicari ternyata salah sa