Skip to main content

Unfinished Novel Gadis Pantai bagian 1 (Pramoedya Ananta Toer)



Kali kelima saya membaca novel karangan Pramoedya Ananta Toer saya semakin paham bagaimana beliau mendiskripsikan peran wanita disetiap cerita sejarah. Belum lepas ingatan saya bagaimana kagum nya saya akan tokoh Nyai Ontosoroh pada buku tetralogi Pulau Buru yang digambarkan sebagai perempuan pejuang yang tidak menyerah pada zaman kolonial Belanda. Gadis Pantai adalah sosok kedua yang saya kagumi meski kehadirannya jauh sebelum Nyai Ontosoroh. Namun amat disayangkan rasa penasaran saya akan akhir kisah Gadis Pantai tak akan terwujud, Gadis Pantai sendiri merupakan Unfinished Novel dimana seri kedua dan ketiga lenyap saat rezim orde baru dan tidak diketahui dimana rimbanya.

Dari awal hingga akhir buku pertama Gadis Pantai tetap disebutkan sebagai Gadis Pantai tidak ada nama panggilan atau siapa nama sesungguhnya. Gadis Pantai berasal dari kampung nelayan yang saat itu berusia 14 tahun ketika emak dan bapaknya mengantarkannya ke kota untuk menikah dengan seorang Bendoro (setingkat bupati) seorang penguasa residen. Sepanjang perjalanan Gadis Pantai yang tidak tahu kenapa harus menikah hanya bisa menangisi nasibnya, emak dan bapaknya menjelaskan bahwa keputusan ini untuk membuat Gadis Pantai bahagia tidak susah hidupnya karna harus bekerja keras di kampung nelayan, tapi tak sedikitpun Gadis Pantai merasa hidupnya susah bahkan menderita, Gadis Pantai merasa kehidupannya dirampas tidak bisa hidup dimana dia menginjakkan kaki. Emaknya meyakinkan bahwa Bendoro seorang alim agama yang sudah haji dua kali.
Sampailah rombongan dari kampung nelayan di kota tepatnya di kediaman Bendoro berupa gedung  besar yang baru dilihat pertama kali oleh Gadis Pantai dan keluarganya, dengan perasaan takut bercampur aneh emak Gadis Pantai membujuknya untuk mematuhi Bendoro meyakinkan Gadis Pantai bahwa hidupnya akan senang serta berkuasa sebagai wanita utama istri Bendoro. Gadis Pantai yang tidak tahu sama sekali bagaimana peraturan kehidupan priyayi dibantu oleh seorang pelayan wanita yang dipanggil nya mbok. Mbok inilah yang menemani keseharian Gadis Pantai yang sudah diperistri oleh Bendoro, namun ketakutan nya masih menyelimuti dirinya. Emak dan bapaknya sudah tidak bisa menemani nya setiap hari karena dinding pemisah kehidupan itu telah berlaku saat Gadis Pantai menjadi istri Bendoro. Gadis Pantai yang masih belia tersebut kerap merengek meminta bertemu dengan emaknya dan pulang ke kampung, mbok dengan sabar menghiburnya sampai akhirnya Gadis Pantai mengerti bahwa sekarang dia milik Bendoro suka atau tidak suka Gadis Pantai hanya akan mematuhi Bendoro bukan lagi emak dan bapaknya.

Pertemuan pertamanya dengan Bendoro saat memasuki kamar tidur Gadis Pantai merasa takut, namun Bendoro dengan lembutnya memanggilnya Mas Nganten memberitahu bahwa dia sekarang suami Gadis Pantai. Gadis Pantai merasakan kelembutan dari tangan Bendoro yang mengusap rambutnya. Seiring waktu hari demi hari Gadis Pantai melewati hari dengan belajar menjadi wanita utama seorang istri priyayi, Bendoro mengajarinya juga dalam hal agama, memanggil guru ngaji dan mengajarkannya solat. Bulan demi bulan berlalu Gadis Pantai memiliki kesibukan seperti membatik dan membuat kue sesekali dia turun ke dapur. Gadis Pantai menjadi semakin cantik, kulitnya menjadi kuning langsat kemerahan.
Lambat laun Gadis pantai melupakan kerinduannya pada kampung nelayan, pada emak dan bapaknya pada laut yang membawa aroma amis pada kehidupan kampung nelayannya.

Memasuki 2 tahun perkawinan dengan Bendoro, Gadis Pantai kerap dilanda rindu menunggu kedatangan Bendoro. Bendoro yang datang sebentar dan pergi beberapa hari membuat Gadis Pantai merasa kesepian, Gadis Pantai dilanda cemburu setiap kali memikirkan kemana Bendoro hanya mbok yang selalu diajak nya berbicara mengusir rasa kesepian. Kisah kehidupan mbok yang tak kalah menderita ini semakin mengikat kedekatan Gadis Pantai dan mbok, mereka sudah seperti ibu dan anak. Sampai suatu hari Gadis Pantai kehilangan uang belanja yang diberikan Bendoro, mbok yang mencurigai para ponakan Bendoro mencoba menyelesaikan masalah dengan menghadapi mereka, namun keributan yang didapat sampai terdengarlah Bendoro. Bendoro yang mengetahui salah satu ponakan nya mencuri mengusirnya namun mbok juga diusir Bendoro karna menyebabkan keributan dan menuduh ponakan yang lain. Gadis Pantai sedih akan kepergian Mbok, tak satupun didalam gedung tersebut yang tau kemana mbok pergi.

Sampai dibagian ini saya sangat mengerti bagaimana perasaan Gadis Pantai, mulai dari dia menangis tidak tahu mengapa harus menyerahkan hidupnya pada orang yang tidak dia kenal dan dilihatnya, ini mengingatkan dimana masa wanita adalah hak laki-laki. Dibelahan dunia manapun sejarah selalu memberikan gambaran wanita yang tidak memiliki derajat sosial tinggi, wanita yang berasal dari kalangan rendah, wanita yang tidak bersekolah, miskin, budak adalah hak dari lelaki kaya, kapanpun mereka bisa mengambil wanita tersebut untuk dijadikan apa saja. Namun ternyata Gadis Pantai juga bisa merindukan sosok suami yang jarang ditemuinya, Bendoro yang taat beragama, mengaji serta lembut kepada Gadis Pantai inilah mungkin yang membuatnya membuka hati untuk Bendoro. Ada sepercik romantisme khas Pramoedya dalam novel ini disaat Gadis Pantai berbaring dengan Bendoro mereka terlibat suatu percakapan manis yang mendebarkan hati sekilas saya bandingkan dengan Minke dan Annelies di Bumi Manusia hampir ada kemiripan antara Bendoro dengan Minke dalam hal wanita.


Comments

Popular posts from this blog

Kdrama My Mister Finale Episode: semua akan indah pada waktunya

Sama seperti Lee Ji An saya juga begitu penasaran kenapa Yoon Hee bisa berselingkuh dengan Joon Young? Dan masalah terbesar diantara Park Dong Hoon dan Yoon Hee adalah kesalah pahaman dalam komunikasi rumah tangga mereka. Sungguh ironi disaat semua orang bisa melihat dengan jelas segala kesempurnaan seorang Park Dong Hoon termasuk Lee Ji An sedangkan istrinya sendiri Yoon Hee tidak mampu melihat semua itu. Park Dong Hoon adalah pria baik yang diidamkan oleh semua wanita, perlakuan Park Dong Hoon kepada semua orang setara yang menyebabkan Lee Ji An akhirnya luluh menyukai ahjussi   tersebut. Ego Yoon Hee semakin menjadi disaat merasa cemburu akan perhatian Park Dong Hoon yang lebih kepada keluarga, teman-teman dan karyawannya, padahal jika saja Yoon Hee mau bersabar maka dia sungguh beruntung mendapat keluarga yang hangat dan saling mendukung seperti keluarga suaminya, Park Dong Hoon. Lah kalau akhirnya dia ketahuan selingkuhan begini yang ada malah menyimpan kebencian diantara

Gonjang Ganjing Seputar Ending Kdrama Misty

Ternyata bukan cuma netizen Indonesia yang tidak terima akhir dari drama Misty. Begitu baca komentar netizen Korea mereka lebih tidak setuju lagi dengan apa yang dibuat oleh penulis kisah Go Hye Ran dan Kang Tae Wook ini. Terlebih karena dianggap ending yang tidak masuk akal, terlalu sadis dan kejam bagi pasutri Tae Wook dan Hye Ran. Seolah-olah penulis drama ingin benar-benar menjatuhkan mereka ke dalam jurang perpisahan. Wah, dibenci sudah dikau wahai writernim. Siapa suruh menjadikan suami idaman itu sebagai seorang pembunuh? ^^ Yang sudah menonton final episode pasti merasa tertipu dengan sosok Kang Tae Wook ini, penulis drama dengan lihai nya membuat penonton hanyut mengagumi Tae Wook lalu pada akhirnya kita disadarkan bahwa dialah pelaku sesungguhnya.  Sangat menyakitkan ya kenapa terpilihnya Kang Tae Wook sebagai pembunuh Kevin Lee apes nya lagi semua yang dilakukan Kang Tae Wook itu tidak sengaja, mau tidak mau dia harus berpura-pura tidak tahu apa-apa tentang

Secret Forest: Wasiat terakhir sang jaksa

Akhir cerita misteri Secret Forest itu seperti sebuah tamparan, suka atau tidak suka kita diperlihatkan akibat dari keburukan yang merugikan banyak pihak, yang tak lain bernama korupsi. Insting politik saya menguat ketika mengikuti alur demi alur drama ini, maksudnya saya lebih memahami bagaimana dunia politik yang dihiasi banyak penyuapan. Satu persatu orang yang terlibat tumbang akibat perbuatan mereka sendiri. Pesan moral yang sangat baik!!. https://www.instagram.com/_myship_/ Hwang Shi Mok menggugurkan Young Eun Soo, Seo Dong Jae dan beberapa pihak yang dicurigai sebagai tersangka pembunuhan Park Moo Sung serta penculikan dan penganiayaan terhadap saksi Kwon Min Ah. Setelah mengumpulkan bukti-bukti, Hwang Shi Mok akhirnya menyadari bahwa salah satu anggota tim investasi yang direkrut nya adalah pembunuh yang selama ini mereka cari, Yoo Se Won. Yoo Se Won ternyata pembunuh Park Moo Sung dan penculik Kwon Min Ah. Satu lagi Stranger yang dicari ternyata salah sa