Skip to main content

Unfinished Novel Gadis Pantai bagian 2 ( Pramoedya Ananta Toer)


Image Source: Google


Setelah kepergian bujang wanita yang dipanggil nya Mbok, seorang gadis kota dari Demak datang untuk membantu Gadis Pantai. Namanya Mardinah usianya masih 14 tahun tapi sudah janda,   berasal dari kota dan sedikit angkuh membuat nyali Gadis Pantai sedikit menciut, Gadis Pantai tidak nyaman bersamanya hingga terjadilah perdebatan yang mana Mardinah merasa jauh lebih berhak karena berasal dari kota ketimbang Gadis Pantai yang berasal dari Kampung.

Gadis Pantai mengunjungi kampung halamannya setelah 2 tahun tidak berkunjung, dengan seizin Bendoro. Namun keadaan telah berubah karena Gadis Pantai sudah menjadi wanita bangsawan, orang-orang di kampung tersebut bersikap lebih sopan dan segan sehingga membuat Gadis Pantai tidak nyaman bahkan kedua orang tua nya sendiri seakan menjaga jarak darinya. Rupanya Mardinah dan kakaknya Mardikun adalah suruhan dari seorang Bendoro Demak untuk membunuh Gadis Pantai, namun warga kampung nelayan melindungi Gadis Pantai mereka menghukum Mardinah berupa dinikahkan dengan seorang pemuda pendongeng yang dianggap tak waras oleh warga. Sedangkan Mardikun dipaksa berenang sampai mati oleh warga. Gadis Pantai mendapati suaminya mengetahui yang terjadi di kampung nelayan, dengan memohon dan mengatakan bahwa kampungnya baik-baik saja Gadis Pantai diperintahkan membersihkan seluruh gedung karna ada tamu penting yang akan datang, Gadia Pantai merasa sakit pada tubuhnya dan diketahui bahwa dirinya tengah hamil. Gadis pantai mengetahui bahwa tamu yang datang tersebut wanita, dan suaminya terlihat begitu patuh pada wanita tersebut. Beberapa bulan kemudian Gadis Pantai melahirkan seorang putri, tanpa disaksikan Bendoro.

Bendoro kemudian melihat bayinya namun tidak berkata banyak Gadis Pantai sedih akan hal tersebut namun dia tetap bahagian bisa bersama anaknya. Gadis Pantai mendapati bapaknya datang menjenguk, tapi bapaknya bilang kedatangannya atas panggilan Bendoro. Bapaknya kemudian memberitahukan bahwa Gadis Pantai sudah dicerai oleh Bendoro dan akan pulang ke kampung nelayan. Gadis Pantai dan bapaknya akhirnya tahu bahwa dirinya selama ini hanyalah dijadikan istri percobaan sebelum pernikahan sesungguhnya Bendoro. Mengetahui hal tersebut Gadis Pantai berniat membawa anak yang baru dilahirkannya namun ditentang oleh Bendoro, Gadis Pantai dipukul saat akan pergi membawa bayinya. Ditengah perjalanan Gadis Pantai hanya memikirkan anaknya dan dia bilang ke pada bapaknya untuk pergi kesuatu tempat dimana mbok pelayannya dulu pergi diusir.


Menuju bagian akhir ada sedikit kebingungan serta pilu yang terasa, pengorbanan Gadis Pantai pada akhirnya menjatuhkannya ke lubang derita yang lebih dalam. Siapa sangka Bendoro yang diagung-agung kan sebagai sosok penguasa taat ibadah tetap kalah dengan  adat istiadat dan kehidupan priyayi. Klimaks lain yang terdapat di novel ini perdebatan sengit Gadis Pantai dengan Mardinah perihal status mereka. Mardinah yang berasal dari kota meengeluarkan senjata yang tak bisa dilawan Gadis Pantai Mardinah pandai baca tulis sedangkan Gadis Pantai tidak. Gadis Pantai untuk pertama kalinya merasakan ketertarikan terhadap lawan jenis ketika melihat tamu suaminya seorang priyayi muda di dalam gedung, sangat disayangkan bagian kedua dan ketiga dari novel ini tidak bisa diteruskan padahal saya sangat penasaran ingin tau apa yang dilakukan Gadis Pantai.

Membaca novel Pramoedya seperti kembali melihat kehidupan dimasa lampau, masa dimana setiap jiwa menantikan takdir apa yang akan mereka jalani, keindahan kata-kata yang dituangkan Pram adalah akibat kejadian nyata meski tokoh-tokoh setiap novelnya adalah fiksi. Dengan mengambil sudut pandang berbeda Pram selalu berhasil meramu roman dan menjungkir balikkan emosi pembaca.
  


Comments

Popular posts from this blog

Kdrama My Mister Finale Episode: semua akan indah pada waktunya

Sama seperti Lee Ji An saya juga begitu penasaran kenapa Yoon Hee bisa berselingkuh dengan Joon Young? Dan masalah terbesar diantara Park Dong Hoon dan Yoon Hee adalah kesalah pahaman dalam komunikasi rumah tangga mereka. Sungguh ironi disaat semua orang bisa melihat dengan jelas segala kesempurnaan seorang Park Dong Hoon termasuk Lee Ji An sedangkan istrinya sendiri Yoon Hee tidak mampu melihat semua itu. Park Dong Hoon adalah pria baik yang diidamkan oleh semua wanita, perlakuan Park Dong Hoon kepada semua orang setara yang menyebabkan Lee Ji An akhirnya luluh menyukai ahjussi   tersebut. Ego Yoon Hee semakin menjadi disaat merasa cemburu akan perhatian Park Dong Hoon yang lebih kepada keluarga, teman-teman dan karyawannya, padahal jika saja Yoon Hee mau bersabar maka dia sungguh beruntung mendapat keluarga yang hangat dan saling mendukung seperti keluarga suaminya, Park Dong Hoon. Lah kalau akhirnya dia ketahuan selingkuhan begini yang ada malah menyimpan kebencian diantara

Gonjang Ganjing Seputar Ending Kdrama Misty

Ternyata bukan cuma netizen Indonesia yang tidak terima akhir dari drama Misty. Begitu baca komentar netizen Korea mereka lebih tidak setuju lagi dengan apa yang dibuat oleh penulis kisah Go Hye Ran dan Kang Tae Wook ini. Terlebih karena dianggap ending yang tidak masuk akal, terlalu sadis dan kejam bagi pasutri Tae Wook dan Hye Ran. Seolah-olah penulis drama ingin benar-benar menjatuhkan mereka ke dalam jurang perpisahan. Wah, dibenci sudah dikau wahai writernim. Siapa suruh menjadikan suami idaman itu sebagai seorang pembunuh? ^^ Yang sudah menonton final episode pasti merasa tertipu dengan sosok Kang Tae Wook ini, penulis drama dengan lihai nya membuat penonton hanyut mengagumi Tae Wook lalu pada akhirnya kita disadarkan bahwa dialah pelaku sesungguhnya.  Sangat menyakitkan ya kenapa terpilihnya Kang Tae Wook sebagai pembunuh Kevin Lee apes nya lagi semua yang dilakukan Kang Tae Wook itu tidak sengaja, mau tidak mau dia harus berpura-pura tidak tahu apa-apa tentang

Secret Forest: Wasiat terakhir sang jaksa

Akhir cerita misteri Secret Forest itu seperti sebuah tamparan, suka atau tidak suka kita diperlihatkan akibat dari keburukan yang merugikan banyak pihak, yang tak lain bernama korupsi. Insting politik saya menguat ketika mengikuti alur demi alur drama ini, maksudnya saya lebih memahami bagaimana dunia politik yang dihiasi banyak penyuapan. Satu persatu orang yang terlibat tumbang akibat perbuatan mereka sendiri. Pesan moral yang sangat baik!!. https://www.instagram.com/_myship_/ Hwang Shi Mok menggugurkan Young Eun Soo, Seo Dong Jae dan beberapa pihak yang dicurigai sebagai tersangka pembunuhan Park Moo Sung serta penculikan dan penganiayaan terhadap saksi Kwon Min Ah. Setelah mengumpulkan bukti-bukti, Hwang Shi Mok akhirnya menyadari bahwa salah satu anggota tim investasi yang direkrut nya adalah pembunuh yang selama ini mereka cari, Yoo Se Won. Yoo Se Won ternyata pembunuh Park Moo Sung dan penculik Kwon Min Ah. Satu lagi Stranger yang dicari ternyata salah sa