Skip to main content

Kdrama Suits: Belajar tentang hukum lewat drama


Credit: ig @suits.kbs2

Akhirnya saya bikin review tentang drama  remake serial USA Suits yang berjudul Suits juga. Alasan mengikuti drama ini? Tak lain tak bukan karena Jang Dong Gun! Beliau tetap mempesona sekalipun sudah hampir berusia 50 tahun. 😄
Dari segi genre jelas drama ini bukan tipe saya, paling anti mengikuti drama berbau hukum, kriminal atau thriller kalau tidak dibalut action yang seru apalagi kalau cuma seputar cerita pengacara, benar-benar bukan selera saya. Sampai saat ini cuma drakor Secret Forest yang mampu membuat saya menyukai genre hukum dan kriminal, lalu ada drakor Misty juga termasuk favorit saya karena sukses memberi warna crime misteri berbalut melodrama.
Namun demi Jang Dong Gun saya mencoba menyukai Suits, hehe ^^

Sampai episode ke lima saya baru bisa mengerti poin dari serial ini, terus terang faktor Jang Dong Gun dan Park Hyung Sik yang menawan bikin gagal fokus untuk mencerna isi cerita dari Suits Korea. Lagi-lagi saya tidak menyangka Park Hyung Sik bermain bagus sebagai pengacara palsu. Bromance mereka benar-benar klop bikin betah nonton meski kadang bosan dengan dialognya yang terlalu panjang kali lebar.

Go Yeon Woo (Park Hyung Sik) terpaksa menjadi pengacara palsu di Firma hukum Kang & Ham karena dijebak oleh anak pejabat dengan menggunakan narkoba. Yeon Woo tersesat di kantor Choi Kang Seok (Jang Dong Gun) yang tengah mengadakan interview pengacara junior.
Yeon Woo punya ingatan yang sangat tajam, apapun yang pernah dibacanya selalu ingat diluar kepala, tak tanggung-tanggung hapalan pasal-pasal hukum pun dikuasai oleh Yeon Woo, salah satu yang membuat pengacara Choi cukup terpesona dengan kelebihannya tersebut. Yeon Woo akhirnya dipekerjakan oleh pengacara Choi, tapi  menjadi masalah karena Yeon Woo tidak memiliki latar belakang pendidikan hukum. Awalnya pengacara Choi ragu akan Yeon Woo tapi seakan melihat sisi lain Yeon Woo pengacara Choi tetap mempertahankan Yeon Woo bahkan menentang pimpinan Firma mereka, Bu Kang. Maka dimulailah petualangan mereka dalam menangani berbagai macam kasus pidana dan perdata.


Bicara tentang karakter, sejauh ini duet Jang Dong Gun dan Park Hyung Sik lah yang paling menarik, kalau diibaratkan pengacara Choi Kang Seok itu Go Hye Ran versi cowoknya. Perfeksionis, stylish, tampan, penuh trik dan jebakan (dalam artian positif) percaya diri yang sangat tinggi, disukai kaum hawa dan punya masa lalu yang belum terungkap. Choi Kang Seok adalah jagoan dari Firma hukum Kang & Ham yang belum pernah kalah dalam kasus apapun.



Lalu Go Yeon Woo anak muda dengan latar belakang yang tidak jelas, hidupnya kacau cuma punya seorang nenek yang kini tengah berbaring dirumah sakit. Yeon Woo beruntung bertemu dengan Choi Kang Seok yang sadar akan kelebihan bocah tersebut, Yeon Woo akhirnya menjadi junior Choi Kang Seok dan membantu segala urusan kasus yang mereka tangani.


untuk karakter cewek-cewek nya ada Kim Ji Na sekretaris yang mengurusi masalah pegawai, ada Hong Da Ham sekretaris nya Choi Kang Seok trus pimpinan Kang & Ham yang berkharisma, Bu Kang.

Suits menjadikan belajar tentang hukum serasa tidak membosankan, banyak yang bisa kita pelajari karena bermacam-macam kasus yang dihadirkan, mulai dari narkoba, pelecehan terhadap tenaga kerja, perceraian dan yang terbaru ini tentang pencemaran nama baik suatu perusahaan uniknya lagi masing-masing kasus itu ada latar belakang dan motif yang akan diungkap jadi ga serta Merta langsung ke pengadilan, ketok palu dan dihukum. Lebih tepatnya semua yang terjadi ada sebab dan pemicunya.


My favourite scene, episode lima dimana firma Kang & Ham akan mengadakan sidang tiruan, ini menarik ketika saya baru tahu bahwa ada yang namanya sidang tiruan. Sidang ini tujuannya lebih ke latihan bagi para jaksa, pengacara dan orang-orang dalam hukum untuk lebih mengasah kemampuan mereka dalam dunia hukum. Yeon Woo akan melawan pengacara Seo dalam sidang tiruan ini, hehe ga sabar nunggu episode enam cuma buat liat aksi Yeon Woo yang siap bikin seisi gedung tercengang 😆

Maklum lah Yeon Woo sedang banyak haters karena menjadi junior pengacara Choi, jadi semua orang ingin melihat dia terpuruk. 

Comments

Popular posts from this blog

Kdrama My Mister Finale Episode: semua akan indah pada waktunya

Sama seperti Lee Ji An saya juga begitu penasaran kenapa Yoon Hee bisa berselingkuh dengan Joon Young? Dan masalah terbesar diantara Park Dong Hoon dan Yoon Hee adalah kesalah pahaman dalam komunikasi rumah tangga mereka. Sungguh ironi disaat semua orang bisa melihat dengan jelas segala kesempurnaan seorang Park Dong Hoon termasuk Lee Ji An sedangkan istrinya sendiri Yoon Hee tidak mampu melihat semua itu. Park Dong Hoon adalah pria baik yang diidamkan oleh semua wanita, perlakuan Park Dong Hoon kepada semua orang setara yang menyebabkan Lee Ji An akhirnya luluh menyukai ahjussi   tersebut. Ego Yoon Hee semakin menjadi disaat merasa cemburu akan perhatian Park Dong Hoon yang lebih kepada keluarga, teman-teman dan karyawannya, padahal jika saja Yoon Hee mau bersabar maka dia sungguh beruntung mendapat keluarga yang hangat dan saling mendukung seperti keluarga suaminya, Park Dong Hoon. Lah kalau akhirnya dia ketahuan selingkuhan begini yang ada malah menyimpan kebencian diantara

Gonjang Ganjing Seputar Ending Kdrama Misty

Ternyata bukan cuma netizen Indonesia yang tidak terima akhir dari drama Misty. Begitu baca komentar netizen Korea mereka lebih tidak setuju lagi dengan apa yang dibuat oleh penulis kisah Go Hye Ran dan Kang Tae Wook ini. Terlebih karena dianggap ending yang tidak masuk akal, terlalu sadis dan kejam bagi pasutri Tae Wook dan Hye Ran. Seolah-olah penulis drama ingin benar-benar menjatuhkan mereka ke dalam jurang perpisahan. Wah, dibenci sudah dikau wahai writernim. Siapa suruh menjadikan suami idaman itu sebagai seorang pembunuh? ^^ Yang sudah menonton final episode pasti merasa tertipu dengan sosok Kang Tae Wook ini, penulis drama dengan lihai nya membuat penonton hanyut mengagumi Tae Wook lalu pada akhirnya kita disadarkan bahwa dialah pelaku sesungguhnya.  Sangat menyakitkan ya kenapa terpilihnya Kang Tae Wook sebagai pembunuh Kevin Lee apes nya lagi semua yang dilakukan Kang Tae Wook itu tidak sengaja, mau tidak mau dia harus berpura-pura tidak tahu apa-apa tentang

Secret Forest: Wasiat terakhir sang jaksa

Akhir cerita misteri Secret Forest itu seperti sebuah tamparan, suka atau tidak suka kita diperlihatkan akibat dari keburukan yang merugikan banyak pihak, yang tak lain bernama korupsi. Insting politik saya menguat ketika mengikuti alur demi alur drama ini, maksudnya saya lebih memahami bagaimana dunia politik yang dihiasi banyak penyuapan. Satu persatu orang yang terlibat tumbang akibat perbuatan mereka sendiri. Pesan moral yang sangat baik!!. https://www.instagram.com/_myship_/ Hwang Shi Mok menggugurkan Young Eun Soo, Seo Dong Jae dan beberapa pihak yang dicurigai sebagai tersangka pembunuhan Park Moo Sung serta penculikan dan penganiayaan terhadap saksi Kwon Min Ah. Setelah mengumpulkan bukti-bukti, Hwang Shi Mok akhirnya menyadari bahwa salah satu anggota tim investasi yang direkrut nya adalah pembunuh yang selama ini mereka cari, Yoo Se Won. Yoo Se Won ternyata pembunuh Park Moo Sung dan penculik Kwon Min Ah. Satu lagi Stranger yang dicari ternyata salah sa